Sabtu, 04 September 2010

Afgan Tidak Sungkem Orang Tua Saat Lebaran

Afgan Syah Reza. TEMPO/Arnold Simanjuntak
TEMPO Interaktif, Jakarta - Afgansyah Reza, penyanyi yang lebih dikenal dengan sebutan Afgan, punya tradisi lebaran yang tidak biasa dibandingkan artis-artis lain. Kebiasaan bermaaf-maafan dalam keluarga Afgan cukup diwakili dengan saling berjabat tangan

"Tradisi lebaran di rumah simple banget. Enggak ada sungkeman. Minta maaf seikhlasnya aja," kata Afgan di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (31/8). Sungkeman dalam tradisi Jawa biasanya dilakukan oleh anak dengan duduk bersimpuh seraya mencium tangan kedua orangtuanya.

Menurut Afgan, keluarga besarnya termasuk tidak mengenal tradisi sungkeman itu. Setiap anggota keluarga cukup menjabat tangan dan menciumnya kepada yang lebih tua. "Soal pakai jongkok segala, kiita enggak pernah," beber Afgan.

Rencananya, Afgan akan merayakan lebaran tahun ini di Jakarta. Ia tidak berniat mudik. "Keluarga besar lagi ada di Jakarta. Karena mama paling tua, jadi mereka kumpul-kumpul di rumah," tutur Afgan.

Ditanya apakah sudah menyiapkan segepok angpau buat dibagikan kepada keponakan-keponakanya, Afgan menjawab sudah. Namun ia enggan membeberkan jumlah yang bakal digelontorkan. "Angpau ada. Kebetulan juga pas hari lebaran banyak anak kecil di depan rumah. Makanya siapin budget khusus," ungkap pelantun tembang Sadis itu.

MUSTHOLIH
Sumber : Di sini

0 komentar:

Posting Komentar